Kamis, 16 Januari 2014

Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi

Manusia telah mampu membuat sarana dan prasarana transportasi serta komunikasi yang lebih canggih berkat perkembangan IPA dan Teknologi. Manusia telah mampu menciptakan mobil, motor, kereta api, kapal laut dengan mesin canggih, bahkan menciptakan pesawat terbang dengan kemampuan mesin yang super canggih. Salah satu pesawat terbang berteknologi canggih ialah pesawat concorde 002, pesawat terbang yang super canggih supersonik mempunyai kecepatan 1400 mil per jam. Dengan pesawat concorde 002 tersebut jarak London – New York dapat ditempuh hanya dengan waktu tiga setengah jam. Demikian pula bila ditinjau dalam komunikasi, hasil perkembangan IPA dan Teknologi seperti radio, televisi, tape recorder, radar, telex, telepon, komputer yang bahkan saat ini dapat di bawa kemana saja dan dapat diatur dengan teknologi tertentu agar tidak saling mengganggu. Radio merupakan alat komunikasi satu arah dimana para pendengar memperoleh kemudahan satu arah dalam menerima informasi. Begitu pun dengan televisi merupakan sarana komunikasi satu arah dan dapat pula dua arah jika diatur dengan peralatan tertentu. Radar merupakan alat untuk berbagai bidang diantaranya pada bidang transportasi dan komunikasi, sebagai kontrol lalu lintas darat, udara, maupun laut. Bahkan manusia telah mampu menciptakan pesawat ulang alik untuk pergi ke luar angkasa.
Sebelum digunakan alat-alat komunikasi elektronik manusia berkomunikasi secara alami, menggunakan tanda-tanda, seperti kentongan, morse, atau bahasa isyarat. Setelah manusia menemukan alat komunikasi elektronik yang diawali dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell (1847-1922). Komunikasi melalui telepon beberapa kali mengalami kemajuan. Pada mulanya telepon menggunakan kawat sebagai penghubung dan memerlukan operator. Sekarang orang dengan mudah dapat berhubungan dengan telepon otomatis yang tidak memerlukan operator dan kawat, tetapi menggunakan satelit. Komunikasi secara tertulis yang sederhana dengan surat, kini berganti pada alat modern seperti telegram, faksimil, teleks, email  dan bahkan penggunaan telepon genggam seluler yang lebih praktis dan cepat, dengan sistem barunya short message system (SMS) dan beberapa tahun ini munculnya fasilitas chat melalui telepon genggam dan  internet.
Dengan adanya kemajuan dibidang komunikasi dan organisasi menjadikan tempat-tempat terpencil mudah dijangkau, jarak semakin dekat, memberikan lapangan kerja kepada penduduk, meningkatkan pariwisita karena terbukanya jalan menuju kawasan tersebut, mudah menerima informasi, dan banyak manfaat lain yang dapat diambil dari perkembangan IPA dan Teknologi.
Seperti yang telah dibahas di atas, selain memberikan dampak positif, perkembangan IPA dan Teknologi juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia. Dampak negatif yang diakibatkan oleh sarana transportasi dan komunikasi dapat berupa pencemaran udara, pencemaran suara, perubahan alam yang tidak estetis, dan perubahan nilai-nilai moral kehidupan manusia.
Pencemaran udara dapat diakibatkan karena konstruksi alat-alatnya maupun karena ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menggunakan alat-alat tersebut. Pesawat concorde 002 yang sangat megah menimbulkan kebisingan yang sangat tinggi dan dapat menggangu lingkungan. Selain itu pesawat supersonik itu mengeluarkan gas buangan yang mengganggu lapisan ozon di stratosfer yakni gas NO yang merupakan efek katalik oksida nitrogen.
Semua sarana transportasi yang menggunakan teknologi maju memakai bahan bakar dari minyak bumi, apabila terjadi pembakaran yang kurang sempurna maka dapat mengeluarkan gas CO (mono oksida) dan SO (sulfur dioksida). Sedangkan premium dapat melepaskan partikel-partikel Pb yang merupakan zat-zat pencemar udara. Gas SO merupakan gas yang dapat menyebabkan iritasi mata, kulit, saluran pernapasan, dan menyebabkan hujan asam. Hujan asam dapat merusak beberapa material dan tanaman. Timbal (Pb) dapat mengganggu kerja sel darah merah dan mengganggu sistem saraf pusat. Untuk mengurangi pencemaran udara akibat pembakaran yang tidak sempurna, dalam tempat pembakaran dipasang pengubah katalik seperti platina, tetapi tidak dapat digunakan untuk besi. Untuk itu menaikkan angka oktana dapat ditambah dengan benzena, t-butil alkohol, t-butil metileter, sebagai TEL. Kemajuan perkembangan IPA dan Teknologi dirasakan mengurangi keindahan alam sekitar, mengganggu siklus hidrologi karena pembuatan aspal, asap yang ditimbulkan dari knalpot alat-alat transportasi mengurangi keindahan alam diwaktu malam hari, mengurangi keaslian keindahan tempat pariwisata alam maupun laut.
Selain itu karena jumlah kendaraan yang kian banyak tiap harinya, maka menyebabkan jalan-jalan macet, menyebabkan kecelakaan karena saling berebut, juga gangguan psikologis ataupun fisiologis dari bunyi yang bising. Maraknya penggunan internet mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat, karena dengan melalui internet kita akan dengan mudah memperoleh informasi dari segala penjuru dunia baik yang negatif maupun yang positif. Hal ini bisa saja mengubah perilaku moral manusia. Maka dari itu, perkembangan IPA dan teknologi yang semakin pesat dari hari ke hari harus ditanggapi dengan bijak oleh seluruh masyarakat dunia agar dapat meminimalisir dampak negatif yang terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Popular Posts

Yoganus Bentoensis © 2013 Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates - Web Design Published by satu-delapan